Senin 22 Sep 2014 20:40 WIB

Empat Kepala Daerah Ini Berpotensi Jadi Menteri Jokowi

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Karta Raharja Ucu
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berbincang dengan  Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (kanan) di Balai Kota Bandung, Kamis (17/4).  (Republika/Edi Yusuf)
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berbincang dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (kanan) di Balai Kota Bandung, Kamis (17/4). (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Empat kepala daerah disebut-sebut masuk dalam bursa menteri pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla mendatang. Keempatnya adalah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Wali Kota Bogor Bima Arya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, dan Bupati Kudus Musthofa.

Presiden terpilih Jokowi mengaku sudah mengantongi sejumlah nama kepala daerah berprestasi yang berpotensi menduduki jabatan menteri. "Yang masuk dalam kandidat banyak sekali, dari seluruh Indonesia. Tapi saya tidak hapal," kata gubernur DKI Jakarta tersebut di Balai Kota, Senin (22/9).

Menurut Jokowi, ada pertimbangan khusus ketika ia harus menunjuk kepala daerah berprestasi menjadi menteri. Sebab, kata dia, tak semua kepala daerah berprestasi cocok menjadi menteri. "Itu harus dikalkulasi apakah lebih bagus untuk membangun daerahnya atau bisa ditarik untuk kepentingan nasional. Jadi harus ada pertimbangan dan kalkulasi yang detail," kata presiden terpilih yang baru akan dilantik pada 20 Oktober tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement