Senin 22 Sep 2014 14:00 WIB

PKB Uji Kelayakan Calon Menteri

Atribut PKB dipasang di kawasan Muktamar PKB
Foto: c54
Atribut PKB dipasang di kawasan Muktamar PKB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan telah melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap sejumlah kadernya yang akan diajukan menjadi menteri kabinet Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK).

"PKB sudah melakukan 'fit and proper test' internal terhadap lebih dari empat kader," kata politisi PKB Eko Putro Sandjojo dihubungi wartawan di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan saat ini Jokowi-JK belum meminta partai-partai untuk mengajukan menteri. Uji kepatutan dan kelayakan kader dilakukan sebagai persiapan apabila PKB diminta menyodorkan nama-nama menteri.

Eko yang juga merupakan Deputi Tim Transisi Jokowi-JK mengatakan saat ini Jokowi-JK masih melakukan seleksi terhadap 200 nama calon-calon menteri independen.

Tim Transisi sendiri, kata dia, akan melakukan diskusi antardeputi besok, Selasa (23/9). Eko mengungkapkan nama-nama kementerian baru akan dibuka ke publik pada akhir bulan ini.

Sejauh ini Jokowi-JK telah mengumumkan arsitektur kabinetnya berjumlah 34 kementerian.

Dari jumlah tersebut, 18 pos kementerian bakal dijabat oleh menteri-menteri kalangan profesional non-parpol, sedangkan 16 pos kementerian lainnya bakal dijabat menteri berlatar belakang kader parpol.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement