Ahad 21 Sep 2014 13:58 WIB

Publik Memilih Ilham Habibie Sebagai Menristek, Karena..

Rep: Antara/ Red: Indah Wulandari
Ilham Habibie
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Ilham Habibie

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Direktur Survey & Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara menjelaskan alasan yang  publik memilih Ilham Habibie sebagai salah satu kandidat terkuat Menristek.

"Publik ingin Menristek dari kalangan profesional. Hal ini diwujudkannya dalam pembuatan pesawat R-80 yang diperkirakan selesai tahun 2018 nanti, sebagai generasi penerus pesawat Gatotkaca atau N-250 ciptaan BJ Habibie, yang terhenti pembuatannya," ujar Igor, Ahad (21/9).

Ilham Habibie juga dikenal sebagai sosok yang memiliki kompetensi manajerial mumpuni. Lantaran kapasitasnya sebagai CEO dari berbagai perusahaan bergengsi, PT Industri Mineral Indonesia, PT Ilthabi, dan PT Global Group Asia.

“Kompetensinya sebagai enterpreneur sangat cocok dengan latar belakang menteri yang diinginkan Jokowi,” tegas Igor.

apalagi di awal tahun 2014, Presiden SBY mempercayai Ilham Habibie sebagai Ketua Tim Pelaksana Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional atau yang disebut Dewan TIK Nasional berdasarkan Keppres Nomor 1 Tahun 2014.

Sebagai lulusan Ingenieur dari Technical University of Munich, Jerman serta peraih MBA dari School of Business dari University of Chicag, Ilham memiliki kemauan tinggi untuk belajar, dan aktif berorganisasi.

Riset dan survei tersebut dilakukan dengan cara telepolling dari 500 responden yang diambil secara acak dari buku telepon antara tanggal 15-19  September 2014 di 10 kota besar (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Samarinda, Makasar, Gorontalo, Kupang).Dengan tingkat kesalahan plus minus 4,5 persen.

"Riset ini tidak mewakili populasi secara keseluruhan, namun bisa menggambarkan potret keinginan publik perkotaan yang memiliki telepon," kata Igor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement