Jumat 05 Sep 2014 20:15 WIB

Menko Kesra-Menag Bakal Hadiri Haul Pendiri NU

Nahdlatul Ulama
Foto: abunamira.wordpress.com
Nahdlatul Ulama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Koordinator Kesejahteraan (Menkokesra) Agung Laksono dan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan hadir dalam acara haul ke 43, KH Abdul Wahab Chasbullah di Ponpes Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang, Jatim, Sabtu (6/9). KH Abdul Wahab Chasbullah merupakan salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) bersama KH Hasyim Asyari.

Salah seorang anggota keluarga Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas, M. Romahurmuziy mengatakan, haul tersebut untuk mengingat jasa-jasa almarhum di zaman pergerakan. Menurut Romahurmuziy, selain bergerak di bidang keagamaan,  Wahab Chasbullah juga turut serta dalam perjuangan merebut kemerdekaan.

"Almarhum selain dikenal sebagai ulama juga pejuang kemerdekaan," kata Cicit Wahab Hasbullah ini kepada wartawan Jumat (5/9).

Sekjen DPP PPP ini menambahkan, selain pihak keluarga dalam acara tersebut ada sejumlah tokoh dan santri almarhum yang akan hadir untuk memberikan testimoni. Dalam acara tersebut hampir semua tokoh-tokoh NU diundang. Rommy, sapaan akrabnya menambahkan, peran KH Wahab terlihat ketika sering memberikan saran kepada Bung Karno  dalam memecahkan sejumlah persoalan pelik di awal kemerdekaan.

"Saat itu peran NU sudah sangat luas, tak hanya terbatas pada anggotanya tapi juga bisa memberikan panduan dan solusi bagi bangsa dan negara,” ujar Ketua Komisi IV DPR ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement