Ahad 31 Aug 2014 14:12 WIB

Underwater Robot ITK IPB Unjuk Gigi di Robotics Fair

Tim ROV ITK IPB
Foto: Istimewa
Tim ROV ITK IPB

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh :  Irwan Rudy Pamungkas, Tim Biru Muda ITK FPIK IPB.

JAKARTA -- Tim Biru Muda Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) IPB turut berpartisipasi dalam acara Robotics Fair yang digelar mulai Rabu (20/8)  di @america, Pacific Place Mall. Acara tersebut diselenggarakan oleh Komunitas Robot Indonesia yang bekerja sama dengan United State Embassy.

Acara Robotics Fair dihadiri sejumlah siswa dan siswi yang berasal dari berbagai SMA di daerah Jakarta dan Depok. Mereka mengembangkan teknologi robotik beserta dua perguruan tinggi yang mengembangkan teknologi robotik yaitu Institut Pertanian Bogor dan Universitas Al-Azhar Indonesia.

Robot bawah air Remotely Operated Vehicle Robot Jelajah Bawah Air (ROV RJBA) v2014 hasil karya ITK IPB juga dipamerkan dalam kegiatan tersebut. IPB juga memamerkan kapal tak berawak, dan mini ROV. OpenROV dan ROV RJBA v2014 menjadi pusat perhatian dari kegiatan tersebut. Pengembangan ROV dilakukan oleh Laboratorium Robotika Kelautan ITK IPB sejak 10 tahun terakhir.

Salah satu pakar ROV Amerika Serikat, Eric Stackpole sangat terkesan dengan ROV RJBA v2014 milik IPB. Salah satu anggota Diandra Yulius TIM ROV menyatakan bahwa kesempatan ini sangat baik untuk pengembangan ROV di ITK IPB “Kami bisa berdiskusi langsung dengan Eric dan pengembang ROV lainnya serta saling berbagi pengalaman” ujar mahasiswa ITK 2010 ini dalam siaran persnya yang diterima ROL, Ahad (31/8).

IPB dengan ROV RJBA v2014 mampu menarik perhatian seluruh tamu dan media cetak serta digital dalam acara tersebut. “Harapan kami agar kami dapat mempertahankan semangat untuk terus mengembangkan ROV di kampus,” menurut Holanda  anggota TIM ROV ITK IPB. Tahun 2015 ITK IPB juga berencana akan kembali mengikuti kompetisi internasional di Hongkong seperti tahun 2012 dalam Marine Advance Technology Education (MATE) Underwater Robot Challenge, Hongkong Regional untuk meniti langkah menuju kompetisi final di Amerika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement