Ahad 31 Aug 2014 09:02 WIB

Menteri Terengah-engah Berlari Ikuti SBY

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Erdy Nasrul
SBY memberi penjelasan, ilustrasi
Foto: Republika
SBY memberi penjelasan, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengisi kegiatan di akhir Agustus 2014 dengan melepas peserta lomba lari bertajuk Independence Day Run 2014 di depan Istana Merdeka, Ahad (31/8). Tepat pukul 06.05 WIB, Presiden melepas peserta lomba lari kelompok 17k.

Secara simbolis, SBY mengangkat tongkat bendera dengan motif papan catur tanda lomba dimulai.  Presiden beserta Ibu Negara dan para pejabat lainnya melambaikan tangan tanda ucapan selamat dan dukungan bagi para peserta.  Tak lama berselang sekira pukul 06.10 WIB, SBY melepas peserta lomba lari kelompok 8k.

Berbeda dengan peserta kelompok 17k, peserta kelompok 8k lebih banyak sebagaimana sebelumnya, Presiden melambaikan tangan sebagai penyemangat.  Tak hanya melepas peserta, SBY beserta Ibu Negara dan para pejabat lainnya sekira pukul 06.15 WIB berjalan santai meninggalkan panggung di depan Istana Merdeka.  Dengan langkah tegap dan teratur, Presiden menyusuri Jalan Merdeka Barat. 

Tampak para pejabat lain yang ditemui Republika seperti Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin maupun Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik terengah-engah mengikuti derap langkah sang Presiden.  Bukti kebugaran SBY sebagai mantan prajurit Tentara Nasional Indonesia tetap terjaga di usia senjanya kini.  Pemandangan unik terhampar tatkala Presiden dan rombongan mendekati jembatan penyeberangan menjelang patung kuda di depan Gedung Indosat.

Entah siapa yang memberikan komando, SBY dan rombongan berlari santai sambil melambaikan tangan.  Rupanya, para pewarta yang terdiri dari fotografer maupun kameramen, telah bersiap mengabadikan momen berlarinya Presiden.  Setelah diabadikan, SBY dan rombongan kembali berjalan santai memasuki Kompleks Tugu Monas.

Mendekati garis finish kelompok 17k, Presiden dan rombongan kembali berlari melewati gapura seraya disambut pembawa acara yang telah menanti.  Juga oleh masyarakat umum yang turut menanti kedatangan RI1.  Sejurus kemudian, tepatnya pukul 06.40 WIB, Presiden memasuki tenda VVIP untuk beristirahat sejenak. 

Tepat pukul 07.20 WIB, SBY keluar tenda untuk menyaksikan pertunjukkan oleh tim aerobatik Jupiter dari TNI Angakatan Udara, Marching Band dari Akademi Militer dan free fall terjun payung oleh 69 peterjun.  Tiba di area yang telah disediakan panitia, Presiden terlihat menikmati serangkaian manuver tim aerobatik Jupiter.  Ibu Negara, sebagaimana yang sudah-sudah, mengabadikan moment tersebut dengan kamera SLR yang dimilikinya.

Sebuah cara apik bagi sang Presiden memasuki September 2014 atau 50 hari terakhir jelang berakhirnya masa tugas.  Tepatnya 20 Oktober 2014, SBY akan menyerahkan tampuk kepemimpinan negeri kepada Presiden terpilih, Joko Widodo.  Masyarakat, terutama yang hadir dalam Independence Day Run 2014 tentu akan mengingat jasa-jasa SBY selama 10 tahun kepemimpinannya, tidak hanya lambaian tangan Presiden tatkala start tadi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement