Jumat 29 Aug 2014 02:04 WIB

Mahfud MD: Gus Dur Sangat Senang dengan Suhardi

Rep: c57/ Red: Mansyur Faqih
Mahfud MD
Foto: Antara
Mahfud MD

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guru besar Universitas Islam Indonesia, Mahfud MD, menyatakan mantan presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sangat senang dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prof Suhardi.

"Saya kenal baik dengan almarhum Suhardi saat menjadi menteri pertahanan di era Gus Dur. Almarhum Gus Dur sangat menyenanginya," tutur Mahfud saat dihubungi Republika, Jumat (29/8) dini hari. 

Saat itu, lanjut Mahfud, Gus Dur mengangkat almarhum Suhardi menjadi dirjen di departemen kehutanan.

Suhardi memiliki konsep yang jelas tentang pengelolaan hutan agar bermanfaat secara ekonomis. Tetapi tetap lestari sbagai sumber kekayaan alam dan lingkungan hidup. 

"Sebagai anak bangsa, kita berduka telah kehilangan salah seorang yang sangat baik dan penuh pengabdian terhadap bangsa dan negara kita," ungkap Mahfud. 

Suhardi, jelasnya, sangat cinta Indonesia dengan segala kekayaan hutan yang harus dijaga dan dilestarikan tanpa mengurangi manfaat ekonomisnya. 

"Yang sangat mengesankan, meski pun almarhum lebih senior, tapi kalau saya mengatakan ingin bertemu, dia langsung ke rumah saya baik di Jakarta mau pun di Yogyakarta," ujar Mahfud. 

Mahfud mengaku membesuk Suhardi terakhir kali pada Selasa (26/8). Namun, kondisi kesehatannya sudah sangat parah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement