Rabu 27 Aug 2014 18:36 WIB

Diskriminasi di Tempat Kerja Masih Terjadi

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Djibril Muhammad
Menakertrans Muhaimin Iskandar saat membuka job fair di Jombang, Jawa Timur, Rabu (30/10)
Foto: kemnakertrans
Menakertrans Muhaimin Iskandar saat membuka job fair di Jombang, Jawa Timur, Rabu (30/10)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi  Muhaimin Iskandar mengatakan, masih terdapat praktik-praktik ketidaksetaraan dan diskriminasi di tempat kerja, berkaitan dengan pelaksanaan pengupahan, rekruitmen, seleksi, kesejahteraan, jaminan sosial,  pelatihan, pendidikan, kenaikan jabatan atau kondisi kerja secara umum.

Pemerintah, ujar Muhaimin, terus menerus melakukan berbagai terobosan untuk menghapus diskriminasi  salah satunya dengan melakukan jejaring kerja sama dan koordinasi antar kementerian, instansi terkait, organisasi pengusaha, serikat pekerja, serikat buruh serta pemangku kepentingan lainnya.

Pada 2013, ia menambahkan, telah mengeluarkan aturan melalui Kepmenakertrans Nomor 184 Tahun 2013 tentang Pembentukan Gugus Tugas Kesempatan dan Perlakuan yang Sama Dalam Pekerjaan.

Pembentukan Gugus Tugas Kesempatan dan Perlakuan yang Sama Dalam Pekerjaan tingkat nasional, kata Muhaimin, diharapkan dapat menjadi salah satu wadah dalam upaya pencegahan dan penghapusan ketidaksetaraan dan diskriminasi di tempat kerja.

"Kami juga menargetkan adanya komitmen dari perusahaan-perusahaan untuk mencantumkan kesepakatan Penerapan Kesempatan dan Perlakuan yang Sama dalam Pekerjaan tanpa Diskriminasi ke dalam perjanjian kerja bersama (PKB) yang melibatkan pekerja dan pengusaha," katanya, Rabu, (27/8).

Saat ini, ujar Muhaimin, tercatat sebanyak 12.113 perusahaan yang telah melakukan perjanjian kerja bersama.  Dari jumlah itu, baru 752 perusahaan yang mencantumkan anti diskriminasi tersebut.

Ditargetkan, terang Muhaimin, minimal setiap tahun 200 perusahaan mencatumkan antidiskriminasi dalam perjanjian kerja bersama.

Ke depannya diharap seluruh pihak yang terlibat dapat mendukung upaya pemerintah untuk menghapus dan mencegah praktik-praktik diskriminasi di tempat kerja, sehingga akan terwujud ketenangan bekerja dan ketentraman berusaha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement