Ahad 24 Aug 2014 11:15 WIB

Ini Tantangan Gubernur Jabar kepada Wanadri

Rep: Agus Yulianto/ Red: Joko Sadewo
Pendidikan Dasar Wanadri
Foto: flickr
Pendidikan Dasar Wanadri

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kerusakan lingkungan yang terus terjadi, harus menjadi isu bersama pihak terkait. Jika tidak, maka generasi penerus bangsa ini, akan menanggung semua dampak yang ditimbulkan dari kerusakan lingkungan itu.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan hal itu saat membuka Pendidikan Dasar Wanadri (PDW) ke XXIV, Sabtu (23/8). Heryawan berharap, dari pendidikan ini muncul pemuda-pemudi yang mampu menjadi agen perubahan bagi Indonesia.

Di samping itu, lulusan PDW yang nantinya menjadi anggota muda Wanadri, mampu menjadi pelopor pembangunan berbasis lingkungan. "Wanadri harus dapat menjawab tantangan terkini terkait isu-isu kerusakan lingkungan. Tentu saja, hal ini akan menjadi motivasi bagi kita khususnya warga Jabar untuk menjaga alam Indonesia," kata Gubernur.

Komandan latihan PDW Alisar mengatakan, dengan tema 'Tanggap, Sigap dan Patriot' maka PDW kali ini diyakini  mampu memupuk peserta guna memiliki jiwa patriotik dan nasionalisme yang tengah terdegradasi. Selain hal itu, PDW XXIV juga ditujukan mencetak putra-putri Indonesia yang peka terhadap sejumlah masalah seperti kemanusiaan, lingkungan, dan kerusakan alam.

Kegiatan ini juga diharapkan mampu melahirkan anggota baru Wanadri yang memiliki ketahanan mental dan fisik yang prima, serta mampu mengembangkan diri dalam kondisi paling ekstrem.  "Ini yang menarik dan menjadi kekhasan dari Wanadri," kata dia.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement