Selasa 24 Feb 2015 14:19 WIB

Aplikasi Ini Hubungkan DPR dan Rakyat

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ilham
Pengesahan RAPBN p 2015. Anggota DPR RI mengikuti Sidang Paripurna pengesahan RAPBN p 2015 di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (13/2).
Foto: Republika/ Wihdan
Pengesahan RAPBN p 2015. Anggota DPR RI mengikuti Sidang Paripurna pengesahan RAPBN p 2015 di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (13/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persatuan Pemilu dan Demokrasi (Perludem) bekerjasama dengan kelompok masyarakat sipil lainnya, seperi PSHK, IPC, Public Virtue, Kontras, ICT Watch, I-Lab, dan Selasar.com, telah meluncurkan aplikasi DPR KITA. Dengan adanya aplikasi smartphone ini diharapkan partisipasi masyarakat dalam mengawal kinerja wakil-wakilnya di parlemen bisa terus terjaga.

Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggaraini mengatakan, masyarakat juga harus aktif dan terus mengawal hasil dari pemilu itu sendiri.

''Masyarakat juga harus mengawal hasil dari Pemilu itu sendiri. Aplikasi ini diharapkan bisa menjadi sarana partisipasi terus menerus bagi warga negatra dalam mengawal kinerja wakil-wakilnya di Parlemen,'' ujar Titi, Selasa (24/2).

Dalam aplikasi ini, masyarakat dapat mengenal lebih jauh anggota DPR yang mewakili mereka di parlemen. Pasalnya, aplikasi ini juga dilengkapi informasi terkini dari anggota DPR tersebut. Sementara dari sisi anggota DPR, aplikasi ini juga dapat menjadi sarana untuk mempublikasikan informasi-informasi yang dianggap relevan untuk diberikan kepada masyarakat di daerah pemilihannya, termasuk soal program kerja dan publikasi kinerja.

Selain itu, anggota-anggota DPR tentu akan lebih mudah untuk bisa menyaring atau mengetahu aspirasi-aspirasi yang disuarakan masyarakat lewat aplikasi tersebut.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement