Jumat 22 Aug 2014 04:00 WIB

'Peningkatan Persaingan Tenaga Kerja di ASEAN Mulai Terasa'

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Julkifli Marbun
Muhaimin Iskandar
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Muhaimin Iskandar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan, tingkat persaingan tenaga kerja antar negara-negara anggota ASEAN semakin tinggi seiring akan terbukanya pasar tenaga kerja di kawasan ASEAN pada awal tahun 2015. Namun ia yakin  pekerja Indonesia siap bersaing dan berkompetisi dalam pelaksanaan ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN, Kamis, (21/8).

"Peningkatan persaingan tenaga kerja bahkan sudah mulai terasa saat ini. Maka pemerintah terus berbenah dan bersiap menghadapi  tahun 2015 dengan melibatkan juga peran serta pihak swasta dan  dunia industri,"katanya.

Selama ini, ujar Muhaimin,  pemerintah terus membenahi  aspek-aspek ketenagakerjaan terkait pesiapan menyongsong pelaksanaan AEC 2015. Ada beberapa persiapan matang yang dilakukan untuk berkompetisi dengan negara-negara ASEAN lainnya.

Langkah pertama, kata Muhaimin,  penyempurnaan aspek regulasi yang melindungi tenaga kerja. Adanya peningkatan standarisasi kompetensi kerja serta  kapasitas para pekerja Indonesia.

Kedua, ujar Muhaimin,  percepatan sertifikasi kompetensi dan keterampilan kerja berstandar regional dan internasional dengan  melibatkan lembaga  pelatihan dan lembaga pendidikan. Ini penting dilakukan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement