Ahad 17 Aug 2014 09:35 WIB

Belasan Wisatawan Tewas Tenggelam di Pantai Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Joko Sadewo
Sejumlah wisatawan bermain air saat matahari terbenam di pantai Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat.
Foto: Antara/Ismar Patrizki
Sejumlah wisatawan bermain air saat matahari terbenam di pantai Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sebanyak 14 orang wisatawan meninggal dunia karena tenggelam di Pantai Selatan Kabupaten Sukabumi. Belasan pengunjung ini tewas di sepanjang periode Januari hingga pertengahan Agustus 2014 ini.

‘’ Data ini berdasarkan catatan operasi tim SAR sepanjang 2014,’’ ujar Forum Koodinator SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi Okih Fari kepada wartawan, Ahad (17/8). Di mana, ada 13 kasus kecelakaan laut atau wisatawan tenggelaam dengan korban meninggal sebanyak 14 orang.

Belasan wisatawan ini tenggelam dan akhirnya ditemukan meninggal unia disebabkan sejumlah faktor. Khususnya disebabkan faktor tidak mengindahkan peringatan petugas penjaga pantai atau mematuhi rambu-rambu yang ada di tepi pantai.

Para wisatawan ini tetap berenang di pantai yang sebenarnya terlarang. Akibatnya terbawa arus gelombang yang cukup tinggi.

Okih mengungkapkan, jumlah wisatawan yang tewas tenggelam paling banyak terjadi pada momen libur lebaran beberapa waktu lalu. Pasalnya, pada waktu tersebut ribuan pengunjung memadati kawasan wisata pantai Palabuhanratu. Saat itu ada sebanyak enam orang pengunjung yang tenggelam dan akhirnya ditemukan meninggal dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement