Kamis 14 Aug 2014 21:16 WIB

Densus 88 Ringkus Tokoh ISIS di Surabaya

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: M Akbar
Anggota tim Densus 88
Foto: Antara
Anggota tim Densus 88

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Detasemen Khusus (Densus) 88 menangkap satu tokoh ISIS di Jalan Hidayatullah, Kejawan Putih Tambak 6/1, Surabaya, Kamis (14/8) sekitar pukul 07.45 WIB.

''Tersangka bernama Saifudin Umar alias Abu Fida,'' kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Penmas) Divhumas Polri, Brigjen Boy Rafli Amar, Kamis (14/8).

Boy melanjutkan, tersangka pernah menyembunyikan DPO teroris dr Azhari dan Nurdin M Top pada 2002. Ia juga menyembunyikan DPO M Hidayah alias Dayah asal Medan pada 2012.

Selain itu, Saifudin mengetahui perencanaan bom bunuh diri di Mapolres Poso pada 3 Juni 2013. Saifudin pernah menampung jaringan teroris Santoso (Poso), di antaranya, Galih Aji Satria alias Mbah Marijan, Arif Budi Setiawan, Guntur Amuntai dan Kardi (dua orang terakhir tertangkap di Ngawi)

''Saifudin juga tokoh ISIS yang dituakan di Jatim, berperan sebagai pembicara dalam acara deklarasi ISIS di Solo ,surabaya dan malang bersama dengan tersangka Afif Abdul Majid,'' kata Boy.

 

Boy melanjutkan, kegiatan lainnya, ialah perekrutan jaringan dari kalangan Mahasiswa perguruan tinggi di Surabaya untuk aktif dalam kegiatan penggalangan dana Suriah dalam rangka mendukung ISIS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement