Kamis 14 Aug 2014 18:14 WIB

Pembeli Berebut Ikan Beku di Muara Angke

Nelayan dengan hasil tangkapan di Muara Angke, Jakarta (ilustrasi)
Foto: REPUBLIKA/WIHDAN
Nelayan dengan hasil tangkapan di Muara Angke, Jakarta (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para pembeli atau peserta lelang ikan di Tempat Pelelangan Ikan Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara berebut ikan yang sudah dibekukan karena minimnya hasil tangkapan nelayan.

"Ikan yang dilelang hari ini sebagian besar ikan beku yang ditangkap nelayan sebelum Lebaran," kata Pelaksana Harian Ketua Pelelangan Ikan Dinas Kelautan dan Perikanan DKI Jakarta, Junaidi di Muara Angke, Kamis (14/8).

Pantauan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Muara Angke, sebagian besar ikan yang dilelang adalah ikan beku yang dikemas dalam plastik seberat 40 kilogram hingga 60 kilogram. Puluhan pembeli atau peserta lelang sudah berdatangan sejak pukul 08.00 WIB, sementara pelelangan ikan dimulai pukul 10.00 WIB.

Junaidi mengatakan, aktivitas nelayan di Teluk Jakarta mulai aktif setelah Hari Raya Idul Fitri. Sementara para nelayan yang melaut saat Lebaran belum kembali ke daratan. "Jadi kondisinya sekarang banyak yang belum berangkat dan nelayan yang berlebaran di laut belum kembali, karena melaut bisa selama dua hingga tiga bulan," katanya.

Biasanya kata dia, ikan yang dibongkar di pelabuhan Muara Angke rata-rata 75 ton per hari. Saat ini hanya ada 20 hingga 30 ton, itu pun sebagian besar adalah ikan beku hasil tangkapan sebelum Lebaran.

Minimnya persediaan membuat harga ikan di tempat pelelangan juga mengalami kenaikan. Ikan kakap merah yang biasanya dijual Rp 45 ribu per kilogram (kg) menjadi Rp 50 ribu per kg. "Biasanya harga Rp45 ribu per kilogram untuk kakap merah sudah mahal, hari ini naik lagi, itu pun bukan ikan segar," ujarnya.

Ikan kace-kace juga naik dari Rp 18 ribu menjadi Rp 25 ribu per kg, ikan gebel naik dari Rp 12 ribu menjadi Rp 14 ribu per kg.

Pembeli lainnya, Sulaiman yang membeli ikan untuk diasinkan mengatakan pasokan ikan yang minim membuatnya kesulitan mendapat bahan ikan asin. "Biasanya membeli ikan senilai Rp 5 juta per hari, tapi sepertinya hari ini akan dapat sedikit," katanya.

Ia memperkirakan harga ikan asin juga akan meningkat dalam beberapa hari mendatang, sebab pasokan ikan tembang dan ikan selayar bahan baku ikan asi minim di TPI Muara Angke.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement