Rabu 13 Aug 2014 14:14 WIB

Sulut Ekspor Tepung Kelapa ke Mesir

Pekerja memlakukan bongakar muat tepung terigu di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta,?Kamis (12/6).
Foto: Republika/Prayogi
Pekerja memlakukan bongakar muat tepung terigu di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta,?Kamis (12/6).

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olvie Atteng mengatakan pada semester pertama tahun 2014 telah mengekspor tepung kelapa ke Mesir.

"Tepung kelapa yang diekspor ke Mesir sebanyak 78 ton dengan sumbangan devisa sebesar 175,500 dolar Amerika Serikat (AS)," kata Olvie, di Manado, Rabu.

Dari sisi volume, katanya, ekspor tepung kelapa ke Mesir memang masih sedikit dibandingkan negara pembeli lainnya di kawasan Timur Tengah, namun terbukanya pasar ke negara tersebut menciptakan peluang ke depan.

"Ini hal menggembirakan, karena menandakan pasar Mesir mulai tertarik pada komoditas yang saat ini menjadi salah satu andalan Sulut," kata Olvie.

Olvie mengatakan, ekspor tepung kelapa ke Mesir diharapkan terus meningkat di waktu-waktu mendatang.

"Terbukanya pasar tepung kelapa ke Mesir merupakan peluang bagi Sulut mendorong ekspor komoditas andalan itu sehingga terus merambah ke lebih banyak negara di dunia," katanya.

Tepung kelapa merupakan salah satu komoditas Sulut yang tercatat terbanyak negara pembeli dibandingkan komoditas lainnya.

"Pasar tepung kelapa Sulut merambah bukan hanya di kawasan Eropa, tetapi juga Asia, Amerika, Australia hingga Afrika," katanya.

Kalau dibandingkan dengan produk turunan kelapa lainnya seperti minyak kelapa kasar atau Crude Coconut Oil (CCO), maka tepung kelapa memang lebih banyak penetrasinya karena berhasil diekspor ke berbagai negara, hanya saja dari sisi volume dan nilai masih kalah banyak dibanding CCO yang selama ini dikenal sebagai penyumbang devisa terbesar ekspor Sulut.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement