Selasa 12 Aug 2014 12:49 WIB

Aher Usul Petugas Haji Perlu Ditambah

Ahmad Heryawan
Foto: Republika/Edi Yusuf
Ahmad Heryawan

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menyatakan, dari pengalaman penyelenggaraan ibadah haji tahun-tahun sebelumnya ternyata petugas haji di lapangan terasa kurang, khususnya untuk pelayanan bimbingan haji di sejumlah kelompok terbang (Kloter).

''Penyelenggaraan haji itu berat,'' kata Heryawan di atas podium ketika memberi sambutan seusai pelantikan petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Jakarta-Bekasi, di Asrama Haji Bekasi, Selasa.

''Apalagi, pelayanan itu menyangkut tamu Allah,'' katanya. "Saya punya pengalaman ketika berada di kloter, beberapa waktu lalu."

Ia menyatakan calon jamaah haji selama dalam perjalanan harus disiapkan dengan baik. Mulai dari asrama haji hingga sampai ke Tanah Suci. Harus diupayakan agar jemaah haji tidak merasa kelelahan dalam perjalanan.

"Saya melihat petugas terasa kurang. Namun ketika sampai di Tanah Suci, Alhamdulillah, ada petugas. Khususnya dari kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH). Jadi, petugas yang baru datang merasa terbantu," ia menjelaskan.

Karena itu, ia minta petugas dari KBIH hendaknya ke depan lebih diberdayakan. Koordinasi dengan petugas PPIH harus dimaksimalkan. Sehingga layanan kepada jemaah akan terasa maksimal.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement