Sabtu 09 Aug 2014 07:48 WIB

Jakarta tak Mungkin Jadi Satu-satunya Tempat Asian Games

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Esthi Maharani
Rita Subowo
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Rita Subowo

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Rita Subowo,  mengatakan Jakarta akan jadi tempat utama pelaksanaan Asian Games di Indonesia. Tapi Jakarta tidak mungkin jadi satu-satunya daerah tempat diselenggarakannya Asian Games.

Tiga daerah lain, kata dia, diproyeksikan untuk menjadi tuan rumah. Selain Jawa Barat, daerah lain yang dibidik adalah Palembang dan Surabaya. Karena, pelaksanaan Asian Games tidak mungkin dilaksanakan hanya di Jakarta sendiri.

''Oleh karena itu kami usulkan ke Olympic Council of Asia (OCA)agar didukung juga oleh provinsi lain," kata Rita, Jumat (8/8).

Di Jawa Barat, kata Rita, ada beberapa cabang olah raga yang akan dipertandingkan. Di antaranya kualifikasi sepak bola, basket, voli, balap sepeda, dan berkuda. Pengaturan, akan dilakukan agar pelaksanaan Asian Games bisa digelar di empat daerah dengan lancar.

"Nanti akan kami atur sehingga memudahkan tuan rumah dan memudahkan bagi peserta," katanya.

Untuk penunjukkan Jawa Barat dan tiga daerah lainnya, kata dia, saat ini masih belum pasti. Definitifnya, setelah Kongres OCA di Incheon (Korea Selatan) pada 18 September atau sehari sebelum pelaksanaan Asian Games (XVII/2014).

Dikatakan Rita, jika sudah ada kepastian empat daerah di Indonesia disetujui jadi tuan rumah Asian Games 2018, pihaknya akan segera mengumumkannya.

Rencananya, ada 36 cabor yang akan dipertandingkan di Indonesia, yaitu 28 cabang olympic dan delapan non olympic. KOI juga, akan mengusulkan agar pencak silat masuk jadi salah satu cabor yang dipertandingkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement