Senin 04 Aug 2014 17:24 WIB

Tim Transisi Jokowi-JK Siapkan Susunan Kabinet

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Esthi Maharani
Kantor transisi Jokowi-JK di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Senin (4/8). (Republika/ Yasin Habibi).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Kantor transisi Jokowi-JK di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Senin (4/8). (Republika/ Yasin Habibi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim transisi bentukan presiden dan wakil presiden terpilih, Jokowi dan JK ternyata menggodok susunan kabinet. Kepala Staf Kantor Transisi Jokowi-JK, Rini Soewandi mengakui hal tersebut.

Ia mengatakan, saat ini ia dan tim masih menyiapkan nama-nama yang nantinya diserahkan ke Jokowi-JK. Dikatakannya, tim transisi bertugas menyiapkan sumber daya tetapi keputusan akhirnya tetap berada di tangan presiden dan wapres terpilih.

"Kami menyiapkan nama-nama yang memiliki potensi dan talenta," ujar mantan menteri perindustrian dan perdagangan tersebut, Senin (4/8).

Menurut Rini, tidak ada target kapan susuan kabinet harus rampung. Ia hanya mengatakan, semua tugas pokok tim harus selesai akhir September.

Sebab, ruang lingkup kerja tim transisi tak hanya menggodok kabinet saja. Tetapi juga mempersiapkan program-program ke depan.

"Program-program tadi sudah ada pokja petani, pokja nelayan, pokja pedesaan, pokja infrastruktur, semua program harus selesai akhir September," kata dia.

Sementara Sekjen PDIP, Tjahjo Kumolo menegaskan tim Transisi yang dibentuk presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) tidak berwenang menyusun format kabinet pemerintahan mendatang. Penyusunan format kabinet menjadi hak prerogatif yang dimiliki Jokowi-JK selaku presiden dan wakil presiden terpilih.

"Penyusunan kabinet adalah di luar Tim Transisi. Karena merupakan hak prerogatif presiden bukan bagian kerja dari Tim Transisi yang Pak Jokowi bentuk," kata Tjahjo Kumolo saat dihubungi Republika, Senin (4/8).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement