Senin 04 Aug 2014 02:40 WIB

Sleman Siapkan Pekerjaan Baru Bagi Pemudik

Rep: Nur Aini/ Red: Joko Sadewo
Sejumlah orang mencari informasi lowongan kerja (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah orang mencari informasi lowongan kerja (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kabupaten Sleman menyiapkan informasi lowongan kerja terbaru untuk mengantisipasi lonjakan pencari kerja pasca-Lebaran. Jumlah pencari kerja diprediksi tidak hanya berasal dari Kabupaten Sleman.

Kepala Bidang Tenaga Kerja Disnakersos Sleman, Sutiasih mengungkapkan lonjakan pencari kerja selalu terjadi pasca-Lebaran. Mereka biasanya pemudik yang ingin pindah kerja. "Biasanya setelah hari raya banyak yang cari kerja. Mereka keluar dari pekerjaan setelah mendapat THR (Tunjangan Hari Raya)," ungkapnya, Ahad (3/8).

Lantaran lonjakan pencari kerja selalu terjadi pasca-Lebaran, Disnakersos telah menyiapkan informasi lowongan pekerjaan yang bisa diakses secara online. "Kami siapkan informasi lowongan sebanyak-banyaknya," ujar Sutiasih. Sebagian besar lowongan tersebut mencari operator produksi.

Informasi lowongan pekerjaan dapat diakses melalui situs Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Sutiasih mengaku dia sudah mendatangi 10 perusahaan yang sembilan di antaranya tengah mencari tenaga kerja tambahan. Perusahaan tersebut berdomisili di Kabupaten Sleman.

Lowongan pekerjaan tersebut membutuhkan tenaga beragam yang sebagian besar merupakan tenaga produksi untuk perusahaan garmen. Disnakersos Sleman juga memfasilitasi lowongan untuk tenaga kerja yang ingin bekerja di perusahaan di Batam. "Biasanya yang cari lowongan tidak hanya dari warga Sleman," ungkap Sutiasih.

Untuk memfasilitasi pencari kerja, Disnakersos sebenarnya memiliki mobil informasi lowongan keliling. Namun, sasaran informasi keliling tersebut untuk siswa sekolah khususnya SMK. "Sebelum lebaran sekolah masih libur, sehingga mobil keliling sementara juga ikut libur," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement