Sabtu 02 Aug 2014 15:36 WIB

Jelang Sore Puncak-Bogor Satu Arah

Kemcetan di jalur Puncak
Foto: Yasin Habibi/Republika
Kemcetan di jalur Puncak

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Polres Cianjur, Jabar, berkordinasi dengan Polres Bogor, melakukan sistim buka tutup satu arah menuju Bogor, mulai dari Jalan Cagak-Ciloto, Puncak, Sabtu sore.

Semakin memanjangnya antrean kendaraan penduduk sekitar bercampur dengan kendaraan pendatang, membuat petugas melakukan sejumlah rekayasa arus yang melintas di Jalur Puncak-Cipanas, agar tidak kembali terjadi macet total di jalur tersebut.

Meskipun antrean kendaraan hanya terlihat di sepanjang jalur menuju Puncak, mulai dari Pertigaan Cibodan, dimana laju kendaraan tetap bergerak meskipun tersendat. Namun memasuki Jalan Cagak-Ciloto, laju kendaraan terhenti selama beberapa puluh menit.

"Untuk menghindari terjadinya macet total seperti beberapa hari terakhir, kami melakukan sistim buka satu arah menuju arah Bogor dan sebaliknya sore nanti diberlakukan satu arah menuju Cianjur mulai dari Bogor," kata Cahyadi petugas PJR Jabar di Ciloto-Puncak.

Pihaknya memperkirakan puncak arus milir yang melintas di jalur tersebut, akan terjadi malam ini hingga Minggu sore. Sehingga pihaknya mengimbau pemilir dari arah Bandung menuju Cianjur, untuk mengunakan jalur alternatif dan menghindari Jalur Cipanas-Puncak.

"Saat ini, jalur Puncak sudah tidak dapat menampung kendaraan karena volume kendaraan mulai bercampur antara pemilir dan pendatang yang hendak kembali ke kota asalnya masing-masing, ditambah dengan wisatawan yang menghabiskan libur di kawasan ini,"ungkapnya.

Akibatnya tambah dia, antrian panjang kendaraan diperkirakan akan kembali terjadi pada sore menjelang malam, dimana ratusan kendaraan akan keluar dari tempat wisata untuk kembali menuju arah Bogor dsan seterusnya.

Sementara itu, menjelang sore ratusan kendaraan pemilir jenis roda dua terus memadati Jalur Cianjur hingga Puncak. Sebagian besar pemilir melintas berombongan, dimana rata-rata satu rombongan terdiri dari 20 sampai 30 motor.

Meningkatnya volume kendaraan pemilir yang melintas di jalur tersebut, terlihat disejumlah SPBU, parkiraan rumah makan dan sejumlah tempat peristirahatan, dimana sejumlah pemilir memilih untuk beristirahat.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement