Sabtu 19 Jul 2014 23:10 WIB

ASDP Merak Siapkan 47 Kapal Layani Mudik Lebaran

 Kapal roro yang mengangkut para pemudik tiba di dermaga pelabuhan Merak Banten, usai pulang dari kampung halaman, Kamis (23/8). (Agung Supriyanto/Republika)
Kapal roro yang mengangkut para pemudik tiba di dermaga pelabuhan Merak Banten, usai pulang dari kampung halaman, Kamis (23/8). (Agung Supriyanto/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak menyiapkan sebanyak 47 kapal "roll on roll of" atau Ro-Ro untuk melayani arus mudik lebaran 2014.

"Kami bekerja kera memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pengguna jasa penyeberangan," kata Kepala Cabang ASDP Merak Yanus Lentenga di Merak, Sabtu (19/7).

Ia mengatakan,ke-47 kapal Ro-Ro tersebut di antaranya 42 armada sudah laik beroperasi penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung. Sedangkan lima armada lainya sedang perawatan berkala atau docking. "Semua kapal yang beroperasi itu sudah mengantongi izin berlayar dari Kesyahbandaran Merak," katanya.

Menurut dia, selama ini kapal yang beroperasi dinyatakan layak berlayar dan kondisinya baik sehingga bisa memberikan kenyamanan bagi pemudik yang hendak menggunakan jasa penyeberangan. Puncak arus mudik kemungkinan pada H-3 dan H-2 lebaran karena berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya.

Karena itu, pihaknya akan mengoperasikan sebanyak 27 armada untuk pelayaran penyeberangan arus mudik lebaran. Dari 27 armada itu perjalanan dan penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung itu mencapai 90 trip.

Kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Merak hanya 30 menit bisa diberangkatkan untuk perjalanan Merak-Bakauheni untuk kelancaran arus mudik.

Namun, pihaknya tidak akan menambah jumlah kapal di setiap dermaga yang ada di Pelabuhan Merak.

ASDP Merak tetap memberlakukan setiap dermaga diisi enam kapal yang beroperasi. "Kami tetap setiap dermaga diisi oleh enam kapal sehingga jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 27 armada," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement