Jumat 18 Jul 2014 03:43 WIB

Ini Daftar Kecelakaan Pesawat Terbesar Lima Tahun Terakhir

Rep: Issha Harruma/ Red: Chairul Akhmad
Angkatan Laut Brasil mengambil potongan tubuh pesawat Air France AF447 yang jatuh di Samudra Atlantik pada 2009 lalu.
Foto: Reuters/Brazilian Air Force/ca
Angkatan Laut Brasil mengambil potongan tubuh pesawat Air France AF447 yang jatuh di Samudra Atlantik pada 2009 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, Berikut kecelakaan pesawat terbesar di dunia dalam lima tahun terakhir.

- 1 Juni 2009

Pesawat Air France dengan rute Rio de Janiero menuju Paris jatuh di Samudra Atlantik dan menewaskan seluruh penumpang dan kru pesawat yang berjumlah 228 orang. Penyebab jatuhnya pesawat adalah malfungsi pada peralatan pesawat.

- 30 Juni 2009

Pesawat Yemenia dengan rute Paris atau Marseille menuju Komoro jatuh ke laut saat mencoba melakukan pendaratan di Bandara Komoro. Sebanyak 11 kru dan 142 penumpang jatuh ke laut. Hanya satu orang anak perempuan berusia 14 tahun yang selamat dalam kecelakaan tersebut.

- 15 Juli 2009

Pesawat Caspian Airlines jatuh di sebuah ladang di barat laut Qazvin, Iran, dan menewaskan 168 orang. Sebelum jatuh, pesawat tersebut tampak memercikkan api. Pemerintah Iran menduga kecelakaan terjadi karena masalah teknis.

- 22 Mei 2010

Pesawat Air India Express gagal mendarat melewati landasan di India Selatan dan terjun dari tebing. Dalam kecelakaan tersebut, hanya 8 orang yang selamat. Sedangkan, 158 orang lainnya tewas. Mereka yang selamat karena melompat keluar dari pesawat yang terbelah menjadi dua setelah jatuh, sesaat sebelum terbakar.

- 28 Juli 2010

Pesawat Airblue dengan rute Karachi-Islamabad, Pakistan jatuh saat mencoba mendarat di tengah hujan dan udara berawan. Kecelakaan tersebut menewaskan seluruh penumpang dan awaknya yang berjumlah 152 orang

- 6 Maret 2012

Pesawat Dana Air yang terbang dari Abuja menuju Lagos jatuh di Kota Lagos, Nigeria. Sebanyak 153 penumpang tewas dalam peristiwa tersebut. Sejumlah saksi mengaku melihat pesawat itu menabrak sebuah bangunan kemudian meledak dan mengeluarkan kobaran api.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement