Selasa 15 Jul 2014 16:46 WIB

Satgas Kontrol Harga LPG di Sleman

Rep: Nur Aini/ Red: Yudha Manggala P Putra
Elpiji 3 Kg
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Elpiji 3 Kg

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Harga gas LPG jelang Lebaran diprediksi melonjak karena meningkatnya permintaan. Untuk mengontrol harga LPG, satuan tugas (satgas) disiagakan 24 jam di Sleman.

Satuan tugas tersebut dibentuk dengan kerjasama antara Dinas Energi, Sumber Daya Air dan Mineral (ESDAEM), Himpunan Swasta Nasional Minyak dan Gas, dan Pertamina. Kepala Dinas ESDAEM Sleman, Sapto Winarno mengatakan harga gas LPG akan dijaga dengan menjaga kestabilan stok. Sleman mendapatkan tambahan 100 persen alokasi harian atau naik 4 persen dari total stok Juni dan Juli 2014.

Tambahan alokasi LPJ tersebut dinilai membuat ketersediaan gas di Sleman mencukupi hingga tujuh hari setelah Lebaran. Dia menjamin tidak akan ada kelangkaan LPG khususnya ukuran 3 kilogram. "LPG ukuran 12 kilogram juga banyak tersedia," ungkap Sapto, Selasa (15/7).

Kebutuhan normal LPG di Sleman mencapai 86.812 tabung ukuran 3 kilogram. Selama Juni dan Juli, alokasi LPG ukuran 3 kg di Sleman ditambah menjadi 90.285 tabung perhari. Sementara, alokasi LPG 12 kg tetap normal sebanyak 162.936 tabung.

Kasi Pengembangan Dinas ESDAEM Sleman, Purwono mengungkapkan satgas di agen dan pangkalan mulai siaga di awal Ramadhan hingga 10 hari pasca Lebaran. Jika stok LPG di SPBE kurang, Sleman menyiagakan dua kantong stasiun pengisian. "Kalau ada lonjakan harga, bisa laporkan juga ke satgas," ungkapnya.

Harga LPG, kata Purwono sudah menyesuaikan dengan harga eceran tertinggi (HET) sesuai peraturan gubernur no 10/2010. Namun, harga LPG di pasaran sering melonjak karena telat pengiriman. "Waktu pengiriman LPG telat dua jam saja, harga sudah naik," ungkapnya.

Di tingkat pangkalan, harga LPG ukuran 3 kilogram dibanderol Rp15ribu. Namun, harga ini akan melonjak jika dijual ke pengecer. "Pangkalan resmi harus menjual LPG sesuai HET," ujar Purwono.

Purwono menambahkan pemerintah akan memastikan pengiriman kontinu agar psikologis warga LPG tidak langka. "Dari Hiswana siap untuk mengirim, sebelum stok habis sudah dikirim," ujarnya. Sedikitnya terdapat 1.200 pangkalan LPG di Sleman dengan 16 agen LPG ukuran 3kg dan 3 agen untuk ukuran 12 kg.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement