Senin 14 Jul 2014 23:13 WIB

Dua Bangunan di Magetan Roboh Diguncang Gempa

Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MAGETAN -- Dua bangunan di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, roboh akibat guncangan gempa bumi yang melanda wilayah Kabupaten Pacitan pada Senin (14/7) siang.

Dua bangunan yang roboh tersebut adalah Gereja Masehi Advent di Desa Poncol, Kecamatan Poncol dan rumah warga milik Rimun (50) di Desa Gonggang, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan.

Ketua Jemaat Gereja Masehi Advent, Surjono, mengatakan, bangunan gereja tersebut roboh tidak berselang lama setelah gempa Pacitan melanda. Beruntung saat kejadian tidak ada umat yang berkegiatan di dalam gereja tersebut.

"Warga kaget, hampir satu jam setelah gempa, tiba-tiba terdengar suara gemuruh. Saat dilihat ternyata bangunan gereja sudah rata dengan tanah. Beruntung saat itu kosong sehingga tidak ada yang terluka," ujar Surjono kepada wartawan.

Menurut dia, gereja tersebut dibangun pada tahun 1977. Setelah itu dilakukan renovasi sekitar tahun 2000-an. Kerugian akibat robohnya bangunan tersebut diperkirakan mencapai Rp150 juta lebih.

"Kerugian itu baru bangunannya saja. Sedangkan bagian dalamnya yang terkena reruntuhan bangunan belum kami data," tutur Surjono.

Hingga Senin sore, warga dibantu anggota TNI dan Polri setempat masih bergotong-royong membersihkan reruntuhan bangunan. Kerusakan tersebut telah dilaporkan ke kantor desa setempat untuk ditindaklanjuti.

Sementara, hal yang sama terjadi dengan rumah milik Rimun. Saat kejadian gempa, ia merasakan gucangan yang sangat kuat. Kemudian secara tiba-tiba atap rumahnya ambruk.

"Saya dan anak-anak langsung menyelamatkan diri. Beruntung kami tidak sampai terluka," ujar Rimun kepada wartawan.

Kepala Desa Poncol, Samsul Hary, menyatakan, pihaknya sudah melaporkan kejadian tersebut ke kecamatan untuk dilajutkan ke pemerintah daerah setempat.

"Ada dua bangunan yang roboh. Satu gereja dan satunya rumah milik warga. Semuanya rata dengan tanah. Kerugiannya masing-masing lebih dari Rp 100 juta," kata Samsul.

Seperti diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyebut, gempa terjadi pada Senin (14/7) siang sekitar pukul 12.05 WIB. Gempa tersebut berlokasi 9.06 LS - 111,24 BT dengan kekuatan 5,6 Skala Richter dan kedalaman 10 kilometer. Gempa itu terjadi 104 kilometer di bagian tenggara wilayah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Selain di Magetan, gempa juga terasa di Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Ponorogo, Kediri, Blitar, dan sejumlah daerah di Jawa Tengah serta Yoyakarta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement