Ahad 13 Jul 2014 01:09 WIB

Dekopin Siapkan Lembaga Sertifikasi Kompetensi Koperasi

Koperasi Gerabah Tertua di Indonesia.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Koperasi Gerabah Tertua di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para tokoh gerakan koperasi melakukan tabur bunga di Makam Bung Hatta di Tanah Kusir, Jakarta Selatan, sebagai salah satu rangkaian acara peringatan Hari Koperasi 12 Juli 2014. Tabur bunga di Makam Bung Hatta dilaksanakan di Jakarta, Sabtu kemarin, dirangkai dengan upacara penghormatan bagi Bapak Koperasi Indonesia tersebut.

Hadir pada kesempatan itu para tokoh gerakan koperasi Indonesia termasuk Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan, Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid, dan keluarga Bung Hatta yang diwakili oleh Meutia Hatta. "Ini momentum yang baik untuk memaknai Hari Koperasi sebagai awal kemajuan bangsa, sebab dengan koperasi bangkit maka negara kita pasti akan maju," kata Nurdin Halid setelah upacara tabur bunga.

Rencananya Dekopin akan menggelar puncak peringatan Hari Koperasi 2014 pada 15 Juli 2014 di Medan, Sumatera Utara, yang akan dihadiri oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Nurdin sendiri sangat berharap mulai tahun ini mampu mengimplementasikan program-program yang diharapkan mampu mendorong koperasi Indonesia segera menjadi soko guru perekonomian bangsa. "Salah satu yang kami lakukan adalah membuat lembaga sertifikasi kompetensi dan menyusun road map koperasi hingga 2045," katanya.

Pihaknya menargetkan koperasi mampu menjadi pilar dan soko guru perekonomian bangsa Indonesia paling lambat pada 2045 atau saat Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-100.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement