Kamis 10 Jul 2014 20:19 WIB

Din Syamsudin Minta Presiden Terpilih Pro-Palestina

Rep: Andi Ikhbal/ Red: Mansyur Faqih
Din Syamsuddin
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Din Syamsuddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Prakarsa Persahabatan Indonesia-Palestina sekaligus Ketum PP Muhammadiyah, Din Syamsudin mendorong presiden terpilih untuk memihak kepada rakyat Palestina. Sebab, ia mengecam keras agresi militer Israel ke Jalur Gaza.

Dia mengatakan, serangan itu amat brutal karena menewaskan banyak orang dan merusak sejumlah sarana serta prasarana publik. Ia berharap, presiden Indonesia terpilih nanti akan memihak rakyat Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaannya.

"Kami akan dorong keberpihakan RI kepada rakyat Palestina untuk memperjuangan kemerdekaannya. Sesuai yang diamanatkan konstitusi," kata Din di PP Muhammadiyah, Kamis (10/7).

Selain itu, ia juga akan mendesak Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengambil langkah nyata mengentikan agresi militer Israel. Karena, perlu ada sikap nyata untuk mencegah kejadian tersebut terulang kembali di waktu yang akan datang.

Ia juga merencanakan penggalangan dana yang akan disumbangkan ke Palestina. Dana tersebut sudah beberapa kali dikumpulkan, terutama ketika ada penyerangan ke wilayah itu.

Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) disebut akan menyumbangkan dana kampanyenya untuk membantu warga Palestina. Total dana terkumpul untuk pemenangan kandidat nomor urut dua itu sebesar Rp 295 miliar.

JK mengatakan, setelah tahapan proses pilpres selesai, Jokowi-JK akan membantu masyarakat Palestina. Sumbangan yang diterima untuk dana kampanye akan dialihkan ke sana.

"Sebenarnya bukan hanya Palestina, Indonesia juga banyak masalah. Namun, setelah proses ini selesai, kami Insya Allah akan membantu warga Palestina," kata JK.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement