Senin 07 Jul 2014 10:34 WIB

WNI di Paris Antusias Mencoblos

Suasana pencoblosan di KBRI Moskow.
Foto: Antara
Suasana pencoblosan di KBRI Moskow.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS - Sebanyak 837 warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Paris, Prancis telah menggunakan hak pilih dalam pemilu presiden (pilpres) pada 6 Juli 2014. "Antusiasme masyarakat Indonesia di Paris dan sekitarnya dalam Pilpres 2014 jauh meningkat dibanding Pemilu Legislatif (Pileg) 2014," kata Ketua PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) Paris Armayanti Chattot, dalam keterangan pers KBRI Paris, Senin (7/7).

Hal tersebut terlihat dari 2.200 pemilih yang terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) untuk wilayah Paris dan sekitarnya, sebanyak 837 orang memilih langsung di TPS, sedangkan sekitar 500 orang akan memberikan suara melalui pos, tambah Armayanti.

Acara pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) KBRI Paris dimulai pukul 10:00 dan ditutup 19:00 waktu setempat, dihadiri oleh 837 WNI yang berdomisili di Paris dan sekitarnya untuk memberikan suaranya. "Jumlah partisipasi masyarakat yang memberikan suara langsung ke TPS meningkat dibanding Pileg April lalu yang dihadiri oleh 575 orang," tambah Armayanti.

Menurut PPLN Paris, prosentase partispasi masyarakat Indonesia pada Pilpres 2014 di Paris dan sekitarnya diperkirakan sekitar 55 persen dari jumlah pemilih atau meningkat 18 persen dibanding Pileg 2014 lalu.

Duta Besar RI Paris, Rezlan Jenie yang turut hadir memberikan suara di TPS dan mengawasi jalannya pemungutan suara sampai TPS di tutup, menyambut gembira antusiasme masyarakat Indonesia di Paris dan sekitar dalam memberikan suaranya.

KBRI Paris melaporkan bahwa secara umum, suasana Pilpres 2014 yang berlangsung di TPS KBRI Paris berlangsung aman, tertib dan lancar. Para pemilih yang memadati TPS tidak hanya dari wilayah Paris, tetapi juga dari wilayah lain di sekitar Paris yaitu Paris (75), Hauts de Seine (92), Seine et Saint Denis (93), dan Val de Marne (94).

Bahkan di antara pemilih terdapat beberapa WNI yang kebetulan berada di Paris sebagai turis menyempatkan diri untuk menggunakan hak suaranya di TPS KBRI Paris. Pilpres 2014 di TPS KBRI Paris, juga dimeriahkan dengan penyelenggaraan Bazar makanan tradisional Indonesia yang diikuti oleh warga masyarakat di Paris. 

Kegiatan bazar makanan di sela-sela Pesta Demokrasi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia di Paris dan sekitarnya untuk datang memilih ke TPS. Menurut rencana, penghitungan akan dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2014 mulai pukul 10.00, sementara penghitungan suara dari pos akan berlangsung pada tanggal 12 Juli 2014 mulai pukul 12.00 di KBRI Paris.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement