Sabtu 28 Jun 2014 03:50 WIB

PLN Tambah Mesin ke Jayapura

SP PLN
SP PLN

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Untuk mengantisipasi pemadaman listrik, PLN Papua mendatangkan mesin ke Jayapura dengan kapasitas 7 megawatt.Dengan bertambahnya kapasitas mesin, diharapkan pemadaman listrik akan berkurang.

GM PLN Papua dan Papua Barat, Robert Sitorus mengatakan penambahan mesin pembangkit itu karena terjadi kenaikan pemakaian listrik di kota dan Kabupaten Jayapura serta Kabupaten Keerom yang mencapai 10 persen.

Dia mengatakan, mesin pembangkit yang didatangkan dari Jakarta masih dalam perjalanan dan diharapkan dalam waktu dua hingga tiga hari ke depan tiba di Jayapura.

Menurut dia, kapasitas mesin pembangkit listrik yang ada saat ini hanya sebesar 5 megawatt dan ada yang sedang diservise sehingga pemadaman bergilir tidak dapat dielakan.

"Pemadaman tidak dapat dielakkan terutama saat beban puncak di malam hari sehingga pihaknya meminta maaf kepada para pelanggan," kata Sitorus.

Dia mengakui selain dalam melakukan pemeliharaan jaringan, pihaknya seringkali mendapat kendala di lapangan akibat masyarakat yang melarang pepohonan yang ada di sekitar kabel dipotong.Bahkan, kata Sitorus, terkadang untuk memotong dahan pohon yang berada di sekitar kabel listrik, PLN harus membayar sebagai ganti rugi.

"Kebiasaan seperti ini seharusnya sudah dihilangkan karena pemangkasan terhadap pohon itu untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti dahan atau pohon tumbang yang dampaknya pasti dirasakan sendiri oleh masyarakat berupa padamnya aliran listrik," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement