Kamis 26 Jun 2014 13:05 WIB

Kemenakertrans Siap Ambil Alih Balai Latihan Kerja Terbengkalai

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Muhammad Hafil
Muhaimin Iskandar
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Muhaimin Iskandar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi siap mengambilalih pengelolaan Balai Latihan Kerja (BLK) milik pemerintah daerah  baik di provinsi, kabupaten, dan kota  yang kondisinya terbengkalai, Kamis, (26/6). 

Menteri Tenaga kerja dan TransmigrasI Muhaimin Iskandar mengatakan, upaya mengambilalih ini dilakukan agar kinerja  BLK yang tersebar di berbagai daerah bisa berfungsi optimal. "BLK ini bisa  memberikan manfaat yang maksimal untuk mengurangi pengangguran dengan  meningkatkan keterampilan dan kompetensi pekerja di daerah,"katanya.

Jika pemerintah daerah tidak mampu mengelola dan memanfaatkan  keberadaan BLK, terang Muhaimin,  maka pihaknya siap mengambilalih pengelolaan dan aset BLK  melalui kesepakatan bersama. Saat ini sebagian besar BLK di daerah-daerah belum memiliki kualitas, kapasitas pelatihan dan instruktur yang memadai. 

"Saya lihat masih banyak Balai-balai latihan kerja UPTD (Unit Pelayanan Teknis Daerah) milik Pemda yang memerlukan pembenahan-pembenahan menyeluruh. Ini harus dilakukan,"kata Muhaimin.

Beberapa aspek yang harus dibenahi di BLK-BLK di daerah, lanjut Muhaimin, antara lain  infrastruktur, peralatan pelatihan, kuantitas dan kualitas instruktur. Selain itu  metode,  kurikulum pelatihan serta manajemen pengelolaan BLK itu sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement