Kamis 26 Jun 2014 12:40 WIB

SBY: Pemimpin Harus Punya Wawasan Kawasan dan Global

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Foto: antara
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

REPUBLIKA.CO.ID, Yogyakarta -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan pemimpin nasional harus memiliki wawasan tentang kawasan dan global. Tujuannya tak lain agar kepentingan nasional terutama di bidang pertahanan dapat terjaga dan dilindungi.

Hal tersebut disampaikannya ketika melantik 453 calon perwira remaja (capaja) untuk menjadi perwira TNI di Lapangan Dirgantara, AAU, Yogyakarta, Kamis (26/6).

Ia mengatakan sebagai pemimpin nasional, maka sudah selayaknya mampu menetapkan strategi dan kebijakan yang tepat. Tak hanya politik, ekonomi, tetapi juga militer. Apalagi di tengah perkembangan dunia yang dinamis.

“Pengetahuan dan pemahaman seputar dunia dan kawasan sangat penting mengingat dunia dan kawasan sekeliling kita berkembang sangat dinamis, dengan menghadirkan tantangan yang makin komplek,” tutur SBY.

Presiden juga menyebutkan, geopolitik juga makin berubah, termasuk di kawasan Asia Tenggara, Asia Timur, dan Pasifik Selatan.

“Sebagai kekuatan regional dan pelaku global, Indonesia makin menonjol, dan aktif dalam berbagai arsitektur kerja sama kawasan seperti ASEAN, Peace Asia Summit, dan APEC,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement