Kamis 26 Jun 2014 09:04 WIB

Pemprov Lampung Sidak Pasar Tradisional dan Swalayan

Rep: mursalin yasland/ Red: Muhammad Hafil
Kebutuhan pokok dijual di pasar, ilustrasi
Foto: Musiron/Republika
Kebutuhan pokok dijual di pasar, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Jajasaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bersama Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Lampung, sebelum Ramadhan 1435 H melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar-pasar tradisional dan pasar swalayan. Untuk menjaga kemurnian sidak, pemprov merahasiakan jadwalnya.

"Dalam waktu dekat, kami sidak ke pasar-pasar dan termasuk supermarket. Waktunya bisa sebelum dan saat Ramadhan," kata Asisten II Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Setdaprov Lampung, Adeham, di Bandar Lampung, Kamis (26/6).

Ia mengatakan dari jajaran pemprov yang turun yakni Dinas Kesehatan, Dinas Peternakan, Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan dan Dinas Koperindag. Untuk mengetahui kondisi produk makanan dan minuman kedaluarsa dan tidak sehat, pemprov menggandeng BBPOM.

Menurut dia, petugas akan mengecek bahan pangan seperti daging sapi, ayam, dan produk pertanian untuk konsumsi selama Ramadhan. "Kami akan cek daging sapi apakah layak konsumsi atau tidak, termasuk keberadaan daging ayam,"ujarnya.

Untuk mengendalikan harga yang melambung menjelang bulan puasa, Adeham mengatakan pemprov akan menggelar pasar murah di lapangan Korpri sebelum dan saat menjelang lebaran nanti.

Sedangkan mengenai ketersediaan produk pertanian dan pangan lainnya, ia optimistis dapat terpenuhi, karena saat ini hanya permintaan yang tinggi sedangkan stok tersedia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement