Senin 23 Jun 2014 02:30 WIB

Saatnya Putra Terbaik Bangsa Ambil Alih Bisnis Energi

Rep: dyah ratna meta novi/ Red: Taufik Rachman
terminal BBM
Foto: Republika/Prayogi
terminal BBM

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA__Ketua Komisi VII DPR RI, Milton Pakpahan dari Fraksi Partai Demokrat mengatakan, pemerintah perlu meningkatkan ketahanan energi dalam  negeri.

Jika ada kontrak di bidang energi dengan pihak asing  sudah selesai, kata Milton,  maka sebaiknya kontrak itu diberikan kepada perusahaan nasional. "Dorong  putra bangsa terbaik untuk mengambil alih bisnis di bidang perminyakan,"katanya, Ahad, (22/6).

Bisnis di bidang perminyakan, ujar Milton,  punya efek yang  baik bagi  penciptaan lapangan kerja. Sudah saatnya mengelola energi sendiri.

Singapura yang tidak punya  minyak saja bisa hebat, kata Milton, makanya pengelolaan minyak dalam negeri harus diperbaiki. Namun harus pula diberikan apresiasi kepada Pertamina yang mau mencari sumber energi baru di Irak dan Libya sebagai sumber potensi ketahanan energi dalam negeri.

"Namun hal yang perlu dipastikan, sumber energi baru itu harus memiliki spesifikasi yang sesuai dengan kualitas yang bagus. Bisnis migas masih menjanjikan, jika  konsisten dijaga kualitasnya, kalau kualitasnya buruk siapa yang mau beli," ujar Milton.

Migas di Indonesia, kata Milton, sudah tidak sebanyak dulu lagi. Bahkan sekarang kita terus berusaha menghemat BBM.

"Kami harap energi lain semakin dikembangan. Termasuk energi geothermal,"ujar Milton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement