Sabtu 21 Jun 2014 18:46 WIB

Pelabuhan Kontainer Dorong Bungkutoko Sebagai Etalase Kota

Pelabuhan kontainer (ilustrasi)
Foto: Antara
Pelabuhan kontainer (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menyatakan bahwa kehadiran pelabuhan kontainer di Bungkutoko akan mendorong percepatan pulau Bungkutoko yang terletak di bibir Teluk Kendari itu sebagai etalase Kota Kendari.

Wali Kota Kendari, Asrun, di Kendari, Sabtu, mengatakan, dalam mewujudkan tujuan tersebut, maka telah membangun berbagai infrastruktur di pulau itu yang secara administrasi berada di wilayah Kelurahan Bungkutoko, Kecamatan Abeli.

"Pengembangan Kota Kendari akan diarahkan di daerah ini, sehingga daerah ini akan menjadi pusat kota," katanya.

Ia mengatakan, di Pulau Bungkutoko saat ini sedang dibangun pelabuhan peti kemas, atau pelabuhan kontainer yang tidak lama lagi diresmikan pengoperasiannya.

 

"Sehingga pusat pelabuhan yang ada saat ini di kelurahan Kandai, akan dipindahkan semua di Pulau Bungkutoko," ujarnya.

Asrun mengaku, kalau selama ini terbatas ukuran kapal yang bisa sandar di Pelabuhan Nusantara, maka jika pelabuhan peti kemas di Pulau Bungkutoko ini dioperasikan, semua kapal ukuran besar bisa sandar atau berlabuh.

Untuk mendukung akses pelabuhan peti kemas tersebut, pemerintah Kota Kendari saat ini juga telah membangun jembatan yang bisa dilalui kendaraan berat yang menghubungkan daratan kota kendari dengan pulau Bungkutoko.

"Jembatan ini kita sebut Jembatan Talia-Bungkutoko, kemudian jalan yang menghubungan dari jembatan tersebut ke pelabuhan dibuat dengan lebar 30 meter," katanya.

Dengan fasilitas tersebut, katanya, maka akan memicu tumbuhnya pusat-pusat perekonomian di pulau tersebut yang hanya berjarak kurang lebih 100 meter dari daratan kota kendari.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement