Jumat 20 Jun 2014 18:19 WIB

Lembaga Adat Agar Awasi Eksodan Dolly

Rep: Ahmad Baraas/ Red: Julkifli Marbun
Suasana di Gang Dolly Surabaya, Jawa Timur.
Foto: Reuters/Sigit Pamungkas
Suasana di Gang Dolly Surabaya, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR - Penutupan komplek pelacuran Dolly, dikhawatirkan berdampak pada eksodus kalangan mucikari dan pekerja seks komersialnya ke Bali. Terkait  hal itu, Gubernur Made Mangku Pastika mengingatkan, agar lembaga adat di Bali ikut mewaspadai dan mengawasinya.

"Pendekatannya adalah memberikan pengertian dan pemahaman kepada masyarakat," kata Pastika, Jumat (20/6).

Hal itu dikemukakan Pastika di Denpasar, di sela-sela membuka Pelatihan Aplikasi Regulasi Otonomi Daerah. Pastika mengingatkan, agar orang Bali jangan menerima atau menampung eksodan Dolly dan jangan menjadi konsumennya.

Sebagaimana diketahui, pusat prostitusi Dolly ditutup Pemkot Surabaya, 18 Juni lalu. Bali dikhawatirkan, menjadi salah satu tujuan eks penghuni Dolly untuk melanjutkan usaha prostitusinya.

Menurut Pastika, perpindahan penduduk merupakan sesuatu hal yang wajar. Kalau pun ada eks penghuni Dolly yang bermigrasi ke Bali sebut Pastika, diharapkannya mereka tidak lagi mengambil pekerjaan seperti saat mereka berada di Dolly.

 

Sementara terkait dengan razia kependudukan terkait dengan kegiatan prostitusi, Pastika mengatakan, menertibkan penduduk di Bali memang penting. Namun katang Pastika, yang paling penting memberikan kesadaran, untuk menjauhi prostitusi. "Masak terus-terusan dirazia. Yang penting itu kan orang Bali menyadari prostitusi itu berbahaya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement