Selasa 17 Jun 2014 23:58 WIB

Ini Penyebab Kecelakaan Bus Pariwisata Maut di Ciater

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: A.Syalaby Ichsan
Kecelakaan bus (ilustrasi)
Foto: EPA/Christian Blom
Kecelakaan bus (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUBANG -- Bus pariwisata Mercedes Benz Nopol B 7529 XBX, yang membawa 54 pelajar SMA Nurul Huda, Cengkareng, Jakarta Barat, terbalik di Tanjakan Emen, Kampung Cicenang, Desa/Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat.

Pada persistiwa maut yang terjadi pada Selasa (17/6) pukul 18.30 itu, delapan penumpang bus tewas di lokasi kejadian dan 54 orang lainnya luka-luka.

Kasat Lantas Polres Subang, AKP Bariu Bawana, mengatakan, kejadian itu bermula epat bus rombongan SMA Nurul Huda meluncur  dari arah Tangkuban Parahu, Bandung Barat, menuju kawasan wisata pemandian air panas Sari Ater.

Namun, di lokasi kejadian tiba-tiba satu bus mengalami hilang kendali hingga menabrak sebuah Toyota Kijang kapsul T 1118 TK yang ada di depannya.  Bus itu kemudian oleng ke kiri dan menabrak tebing. "Busnya terbalik," kata Bariu, Selasa (17/6) malam.

Bariu menduga, bus naas itu hilang kendali akibat rem blong. Selain itu, kondisi jalan di lokasi kecelakaan itu menurun dan menikung. CUaca saat kejadian dilaporkan mendung dan berkabut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement