Senin 16 Jun 2014 18:40 WIB

Balthasar: Siapa Pun Presidennya, Harus Peduli Lingkungan Hidup

Rep: Heri Purwata/ Red: Yudha Manggala P Putra
Menteri Negara Lingkungan Hidup  (LH) Balthasar Kambuaya
Foto: menlh.go.id
Menteri Negara Lingkungan Hidup (LH) Balthasar Kambuaya

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Menteri Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya, menegaskan siapapun presiden mendatang harus peduli lingkungan hidup. Sehingga sumber daya manusia (SDM) Indonesia lebih berkualitas dan bisa memenangkan persaingan tingkat internasional.

Balthasar Kambuaya mengungkapkan hal tersebut kepada wartawan di Yogyakarta seusai dialog publik di TVRI Yogyakarta, Senin (16/6). Lingkungan hidup yang jelek diindikasikan warga tidak bisa menikmati air bersih, udara bersih dan makanan yang segar secara terus menerus.

"Untuk menciptakan generasi berkualitas, warga harus bisa menikmati air bersih, udara bersih dan makanan segar," kata Balthasar Kambuaya.

Sebab generasi mendatang harus bersaing dengan dunia internasional, menyusul akan mulai diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun 2015. "Kalau generasi muda Indonesia tak berkualitas akan kalah bersaing," katanya.

Indikator warga yang berkualitas, kata Balthasar Kambuaya, dapat dilihat dari statistik kesehatan masyarakat. "Kalau suatu daerah banyak warganya yang sakit, itu menunjukkan belum berkualitas," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement