Ahad 15 Jun 2014 13:53 WIB

Potensi Panas Bumi Simalungun Dilirik Investor Turki

Energi panas bumi. Ilustrasi.
Foto: greenfieldenergyco.com
Energi panas bumi. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SIMALUNGUN -- Potensi energi panas bumi di Kabupaten Simalungun mulai dilirik investor dari luar negeri. "Perusahaan konsultan asal Turki, Hitay Group sudah melakukan kajian awal, dan selanjutnya akan melakukan kajian mendalam," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Simalungun Gidion Purba, Ahad (15/6).

Ia mengatakan pemkab telah mengadakan pertemuan dengan Presiden Hitay Group Emin Hitay dengan juru bicara Zulhendri Abdullah. Hitay Group menyebutkan Kabupaten Simalungun salah satu daerah di Sumatra Utara yang memiliki cukup banyak potensi panas bumi yang bisa dimanfaatkan sebagai energi listrik.

"Pemkab Simalungun membuka pintu bagi para investor yang akan memanfaatkan potensi sumber daya alam di daerah ini," ujar Gidion.

Gidion menekankan dalam pelaksanaannya harus tetap menjaga kelestarian alam dan lingkungan, tidak merusak potensi wisata yang ada. Dia menyampaikan potensi panas bumi yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik seperti objek wisata air panas di Tinggi Raja Kecamatan Silou Kahean.

"Kabupaten Simalungun juga memiliki banyak sungai berarus deras yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement