Rabu 11 Jun 2014 19:18 WIB

Meranti-Singapura Kerja Sama Bangun Proyek Air Bersih

Proyek air bersih (ilustrasi)
Proyek air bersih (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Pemerintah Kabupaten Kepuluan Meranti, Provinsi Riau, menggandeng "Water Tech", perusahaan resmi milik Pemerintah Negara Singapura, untuk membangun atau berinvestasi dalam proyek air bersih di daerah itu.

"Kesepakatan ini telah tertuang dalam MoU (kesepahaman bersama)," kata Bupati Meranti Irwan Nasir kepada pers di Pekanbaru lewat pesan elektronik yang diterima, Rabu petang.

MoU tersebut, kata Irwan, ditandatangani secara bersama pada hari ini dalam rangka menyikapi keluhan dan aspirasi kebutuhan masyarakat terhadap fasilitas pengelolaan air bersih di Kabupaten Kepulauan Meranti, terutama dalam menghadapi musim kemarau setiap tahunnya.

Irwan mengatakan, pihaknya menyambut baik minat investor yang ingin membantu daerah itu dalam mengatasi masalah air bersih terutama air minum.

"Kami berharap bisa mengatasi masalah air untuk jangka panjang, hingga 10 sampai 15 tahun ke depan sehingga masyarakat dapat menjalani kehidupan mereka dengan baik," katanya.

Masalah air bersih di Meranti menurut dia harus memperhatikan perkembangan jangka panjang mengingat daerah ini terus tumbuh dan berkembang dari sisi jumlah penduduk dan pertumbuhan ekonomi, sehingga kebutuhan air akan semakin meningkat setiap tahunnya.

"Kami berharap pihak Water Tech bisa langsung melakukan kajian dan mengembangkan lokasi-lokasi sumber air untuk kemudian diolah menjadi air bersih," kata dia.

Menurut dia, masalah air di Kepulauan Meranti tidak gampang karena keterbatasan sumber air bersih dan diperkirakan keberadaan danau sebagai sumber air alami saat ini tidak akan mencukupi kebutuhan dalam 10 hingga 15 tahun.

Maka dari itu, kata dia, Pemkab Meranti mendukung penuh investasi itu karena menyangkut kebutuhan masyarakat banyak.

"Kami akan beri kemudahan perizinan dan perpajakan. Terlebih ini murni menggunakan dana mereka sendiri tanpa dana dari pemerintah daerah," kata dia.

Division Director Water Tech Pte Ltd, Dawn Kong, sebelumnya telah menjelaskan prospektif bisnis pengelolaan air bersih di Kantor Bappeda Kabupaten Kepulauan Meranti.

Menurut Dawn Kong, Water Tech Pte Ltd sudah sangat berpengalaman dalam pengelolaan sumber air baku menjadi air bersih di Singapura.

Tidak hanya di Singapura, perusahaan resmi milik Pemerintah Singapura ini sudah melakukan ekspansi bisnis pengelolaan air bersih ke Tiongkok, Mongolia, Timur Tengah hingga ke Amerika Utara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement