Jumat 06 Jun 2014 02:38 WIB

Pilih Sekolah Anak, Orang Tua Diminta Jeli

Rep: c70/ Red: Mansyur Faqih
Asrorun Ni'am
Foto: dok Asrorun Ni'am
Asrorun Ni'am

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Ni'am Sholeh berpendapat memberikan pendidikan yang baik untuk anak adalah amanah.

"Pendidikan merupakan tanggung jawab kita sebagai orang tua," kata Ni'am melalui pesan singkat, Kamis (5/6). 

Dia menghimbau kepada setiap orang tua untuk memilih sekolah dan lingkungan yang ramah untuk tumbuh kembang anak. Setiap orang tua juga harus jeli mencari tahu kurikulum dan kompetensi pendidikan dari setiap mata pelajaran.

"Jangan memilih sekolah karena sekedar kemewahan sekilas atau biaya yang mahal. Bahkan karena setiap ruangannya ber-AC," tutur Ni'am.

Karena, kata dia, awalnya setiap orang tua pasti akan melihat indikator fisik dari calon sekolah anaknya. Malah, kadang tanpa berpikir lebih jauh apa yang hendak diajarkan oleh sekolah pada anaknya. 

Tak hanya itu, orang tua harus paham betul siapa guru-guru yang mengajar anaknya. "Bagaimana lingkungan sekolahnya merupakan fokus utama yang harus diberikan orang tua," lanjut Ni'am.

Sebelumnya, mencuatnya sejumlah kasus pelecehan seksual baru-baru ini telah menyita perhatian banyak pihak. Bahkan sekolah dengan pengamanan yang ketat dan CCTV yang terus memantau, bukan jaminan bisa melindungi si buah hati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement