Rabu 04 Jun 2014 18:32 WIB

Pemkot Ternate Bangun Pelabuhan Ferry di Moti

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Yudha Manggala P Putra
  Salah satu armada penyeberangan Ferry bersandar di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (29/7).  (Republika/Wihdan Hidayat)
Salah satu armada penyeberangan Ferry bersandar di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (29/7). (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Ternate menyatakan pada tahun 2015 akan membangun Pelabuhan Fery di Kecamatan Moti.

"Demi memperlancar akses transportasi laut melalui jasa pengguna Ferry yang dioperasikan PT ASDP (Persero) Cabang Ternate, pelabuhan Fery akan dibangun di Moti," kata Kepala Dishubkominfo Kota Ternate Samin Marsaoly di Ternate, Rabu (4/6).

Samin mengatakan, saat ini pihaknya telah mempersiapkan lahan, direncanakan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan survei investigasi dan desain guna dilakukan pembangunan pelabuhan fery.

Menurut dia, dalam waktu dekat kami akan melakukan survei investigasi desain (SID) guna melakukan pembangunan pada tahun depan.

Oleh karena itu, rencana pembangunan pelabuhan fery ini dibiayai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), sementara untuk proses tindak lanjut pembangunan tersebut telah dimulai dari tahap penentuan lokasi da kemungkinan lokasi pelabuhan fery akan di bangun di Tuyuru kelurahan Tadenas.

Sementara saat ditanya soal persiapan Pemkot dalam tahapan tersebut kata Samin, saat ini Pemkot telah membuat surat penyiapan lahan dan setelah penyiapan lahan itu selesai dilakukan maka akan ditindaklanjuti dengan survei investigasi desain (SID),

"Jika dalam tahun ini persiapan SID yang di dalamnya termasuk perencanaan, gambar, lay out telah dipersiapkan maka di tahun 2015 itu bisa dipastikan mulai proses pembangunan," kata Samin.

Ia mengatakan, untuk mempercepat pembangunan pelabuhan fery di Moti maka pada tahun ini dan tahun depan akses jalan menuju Tuyuru juga sudah harus selesai dikerjakan, hal itu untuk memenuhi syarat utama pembangunan pelabuhan fery, sebab pada tahun 2014 ini,

"Jika tahun ini SID selesai dan akses jalan selesai maka dipastikan tahun depan sudah akan dibangun, guna memperlancar aktivitas perekonomian masyarakat," katanya.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement