Selasa 03 Jun 2014 17:48 WIB

Jalan Nasional yang Rusak Mulai Diperbaiki

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Bilal Ramadhan
Jalan rusak (Ilustrasi)
Foto: Aditya Pradana Putra/Republika
Jalan rusak (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI— Sejumlah ruas jalan nasional yang rusak di Kota Sukabumi mulai diperbaiki. Targetnya, pada H-10 lebaran mendatang proyek perbaikan jalan jalur tengah Jabar ini bisa selesai.

‘’Sudah ada kegiatan (perbaikan-red), namun memang belum signifikan,’’ ujar Kepala Balai Pengelolaan Jalan (BPJ) Wilayah Pelayanan II Sukabumi, Dinas Bina Marga Jawa Barat, Eryanto, kepada wartawan, Selasa (3/6).

Kondisi ini salah satunya dipengaruhi oleh fenomena alam yang seringkali berubah. Misalnya yang seharusnya sudah masuk musim kemarau. Namun, pada kenyataanya tetap turun hujan di sejumlah titik Sukabumi.

Data BPJ Wilayah Pelayanan Sukabumi menyebutkan, ruas jalan nasional di Kota Sukabumi mencapai sebanyak 15,714 kilometer. Sementara di Kabupaten Sukabumi 213,051 kilometer. ‘’Dari jumlah tersebut ada sekitar empat hingga lima persen yang rusak,’’ ujar Eryanto.

Tingkat kerusakan mulai ringan, sedang, dan berat. Menurut Eryanto, kerusakan jalan nasional paling banyak terdapat di jalur Sukalarang, Kabupaten Sukabumi yang berada dekat dengan perbatasan Kabupaten Cianjur.

Sementara di Kota Sukabumi terdapat di Jalan Siliwangi Kecamatan Cikole sekitar satu kilometer. Saat ini kata Eryanto, perbaikan jalan mulai dilakukan di jalur Sukalarang. Sementara perbaikan jalan nasional di Kota Sukabumi akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Lebih lanjut Eryanto mengatakan, upaya perbaikan jalan sebelumnya dibahas dalam rapat koordinasi (Rakor) di Bandung pada 2 Juni lalu. Hasilnya, upaya perbaikan jalan untuk jalur tengah dapat dilakukan maksimal hingga H-10 sebelum lebaran.

Sementara pengerjaan untuk jalur utama Jabar harus selesai pada H-30 lebaran. Intinya lanjut Eryanto, pemerintah menjamin seluruh ruas jalan nasional bisa dilintasi dengan baik pada saaat arus mudik maupun balik lebaran mendatang.

Di sisi lain kata Eryanto, ruas jalan provinsi yang ada di Kota/Kabupaten Sukabumi kondisinya sekitar 97 persen dalam keadaan mantap. Sementara sisanya dalam keadaan belum mantap namun dalam proses perawatan dari Bina Marga Provinsi Jabar.

Jumlah ruas jalan provinsi di Kota Sukabumi mencapai 26,651 kilometer. Sementara jalan provinsi di Kabupaten Sukabumi jumlahnya lebih banyak yakni 242,360 kilometer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement