Senin 02 Jun 2014 12:55 WIB

SBY Tak Ingin Masa Lalu TNI Terulang

TNI Polri
Foto: Antara
TNI Polri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan tak ingin masa lalu TNI terulang. Terutama dalam kaitannya dengan pilpres mendatang. Ia mengatakan ada masa-masa kelam terjadi ketika TNI masih ikut campur dalam politik.

"Jangan lakukan itu lagi dalam pilpres 2014 ini," katanya saat memberikan pengarahan kepada perwira tinggi TNI/Polri di Kementerian Pertahanan, Senin (2/6).

Ia menginginkan agar pada pilpres 2014 ini, netralitas TNI/Polri tetap dijaga dan dilaksankan. Jangan sampai dirusak apalagi mengkhianati proses reformasi TNI/Polri yang tidak mudah dilakukan pasca 1998.

Sejarah mencatat, di masa lalu, ada ketidaknetralan TNI/Polri dalam pemilu sebelum reformasi. Dalam pemilu 2004 pun ketidaknetralan itu masih ada sedikit keterlibatan TNI/Polri. Contohnya, ada anjuran untuk tidak memilih capres tertentu. Ada pula yang menganjurkan untuk tidak memilih partai politik tertentu.

"Biarlah itu menjadi masa lalu kita, karena saya yakin saudara tidak akan melakukan hal itu. Meski sudah lama, tetapi jangan dilupakan. Forgive but not forget," katanya.

Karena itu, ia meminta agar dalam pilpres 2014, TNI/Polri tetap netral dan memberikan pelayanan yang sama terhadap dua capres, Prabowo dan Jokowi. Menurutnya, keduanya berhak berkompetisi secara bermartabat dan berkualitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement