Ahad 01 Jun 2014 15:33 WIB

Deddy Mizwar Minta Fungsi Masjid Dikembalikan

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Nidia Zuraya
Deddy Mizwar
Foto: Republika/Edi Yusuf
Deddy Mizwar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Masjid, sebenarnya bukan hanya menjadi tempat ibadah kaum muslimin. Namun, memiliki peran strategis dalam pertumbuhan peradaban. Oleh karena itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, meminta fungsi masjid yang peran strategis dalam pertumbuhan peradaban Islam dikembalikan.

"Masjid bukan hanya sebagai tempat menunaikan ibadah shalat, tetapi juga berperan sebagai pusat pendidikan dan penyebaran syi'ar Islam," ujar Deddy membuka Pekan Festival Masjid Agung Sumedang Tahun 2014 M/1435 H, Ahad (1/6).

Deddy berharap, festival yang digelar di Sumedang, mampu menginsprirasi para pengurus masjid khususnya di Jawa Barat. Bahwa, masjid bukan hanya untuk ibadah sholat saja, tapi juga berbagai kegiatan pusat pendidikan, pusat dakwah atau syi'ar Islam, pusat pemberdayaan masyarakat baik itu ekonomi, sosial, maupun budaya. "Event ini sangat bagus, karena betul-betul ingin memakmurkan masjid dalam artian yang sebenarnya," kata Deddy.

Kegiatan festival sendiri,  diselenggarakan dalam rangka milad Masjid Agung Sumedang ke 160 M/165 H. Selain itu, festival digelar sebagai bagian dari upaya memakmurkan masjid tersebut, serta menjalankan visi misi kota Sumedang yakni Sumedang Islami.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement