Ahad 01 Jun 2014 12:51 WIB

Pemprov Siap Bantu Gedung Kesenian di Kabupaten/Kota

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Maman Sudiaman
Tari Merak, salah satu seni tari asli dari Jawa Barat
Foto: Wahyudi S. Pono
Tari Merak, salah satu seni tari asli dari Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Keberadaan gedung kesenian di sejumlah kabupaten/kota di Jabar minim. Padahal, gedung tersebut dibutuhkan untuk mengembangkan seni dan budaya masayarakat Jabar.

Menurut Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, Pemprov Jabar siap membantu pembangunan gedung kesenian di seluruh Kabupaten Kota di Jawa Barat. Dia beralasan, gedung kesenian di tiap kabupaten/kota sangat dibutuhkan untuk menjunjung eksistensi seni tradisional di Jawa Barat. Karena itu, kabupaten/kota itu perlu mengembangkan sarana untuk seni pertunjukan.

"Buatlah gedung kesenian di tengah kota. Jangan cuma di lapangan", ujar Deddy pada rangkaian road show Pesta Rakyat dan Pasanggiri Seni Tari, Musik dan Teater Ke-2 yang dilaksanakan di kantor Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah II Purwakarta, belum lama ini.

Deddy mengatakan, jumlah gedung kesenian yang representatif Jawa Barat hanya dua. Yakni, di Kabupaten Bandung dan Cirebon. Karena itu, Ia berharap pemerintah kabupaten/kota dapat membangun sarana seni pertunjukan. "Pemerintah provinsi siap bantu membangun (gedung kesenian), asal ada inisiatif dari pemerintah kabupaten kota itu sendiri," kata Deddy.

Dikatakan Deddy, Jawa Barat sangat kaya akan kekhasan seni dan budaya daerah.  Antara lain, tercermin dari kekayaan ragam seni tradisinya. Seni tradisi, merupakan warisan dari leluhur terdahulu yang penting sekali dilestarikan dan dijaga. "Gedung kesenian di tengah kota dapat memacu para pelaku seni mengembangkan kreatifitasnya baik seni tradisional dan modern," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement