Kamis 29 May 2014 18:45 WIB

Program Pembangunan Kota Tangerang Dilirik Singapura

Balai Kota Tangerang
Foto: iluni-stisipyuppentek.ning.com
Balai Kota Tangerang

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Singapura melalui keduataannya di Indonesia, mendukung dan menawarkan program kepada Kota Tangerang terkait peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Yakni, meliputi pelatihan tentang perencanaan dan pembangunan infrastuktur kota, pelayanan publik, magang dan pemerintahan serta pemberdayaan masyarakat.

Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar mengungkapkan, ketertarikannya kepada Kota Tangerang karena program yang dijalankan Pemkot. Khususnya terkait perencanaan dan penataan kota seperti penyediaan infrastruktur, pengembangan transportasi untuk menangani kemacetan dan penanganan banjir serta pengembangan budaya dan ekonomi, sangat bagus.

Oleh karena itu, Singapura yang setiap tahunnya menggelat event dengan melibatkan pemerintah daerah se - Asia dengan dunia usaha terkait penyediaan infrastruktur, akan mengajak Kota Tangerang.

"Singapura intinya sangat tertarik dengan program yang dijalankan dan digagas oleh wali kota tangerang, Arief R Wismansyah. Maka itu, Singapura kedepannya akan melibatkan dan mengajak Kota Tangerang dalam Urban Development City serta kerjasama terkait perkotaan lainnya," kata Anil  dalam acara Pertemuan Alumni Singapore Cooperation Programe (SCP) oleh Duta Besar Singapura untuk Indonesia, Selasa (20/5).

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menuturkan, keterlibatannya dalam program SCP diterima melalui Effective Urban Infrastructure Programming yang merupakan salah satu program bagi wali kota se-asia oleh Kementerian Luar Negeri Singapura dan Cities Development Initiative For Asia (CDIA) pada tanggal 13 – 14 Maret 2014 lalu.   Arief mengaku menyambut baik mengenai penawaran kerjasama yang dilakukan oleh Kedutaan Besar Singapura untuk Indonesia.

Apalagi, lanjut Arief, Kota Tangerang telah mendapatkan undangan beasiswa dari Temasek Foundation untuk menghadiri Leaders in Urban Governance Programme (TFLUGP) bekerja sama dengan Singapore Ministry of National Development dilaksanakan pada tanggal 26-30 May 2014  di Singapura.   Kegiatan tersebut merupakan Program eksklusif  walikota yang meliputi seminar, diskusi panel, kunjungan lapangan, dan dialog dengan para mantan dan para pemimpin lembaga pemerintah di Singapura seperti LTA, HDB, URA dan lainnya.

Materi yang akan dibahas yakni mengenai mengatasi masalah perkotaan dan menata sebuah kota padat penduduk yang layak huni.  "Dalam acara tersebut, Kota Tangerang akan menyampaikan usulan program “Convenient Public Transport” (Transportasi Kota yang Nyaman)," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement