Senin 26 May 2014 00:50 WIB

Semarak Jambore Lansia di Depok

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Citra Listya Rini
Lansia (ilustrasi)
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Lansia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Perhimpunan Gerontologi Indonesia (Pergeri) Cabang Depok bersama Pusat Kajian Kelanjutusiaan Universitas Indonesia (CAS UI) menggelar Jambore Lansia untuk memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2014 di Balairung Kampus UI Depok, Sabtu (24/4).

Sedikitnya jambore diikuti 1.500 peserta terdiri dari enam puluh kelompok lanjut usia (Lansia) berusia diatas 55 hingga 75 tahun. ''Mereka tetap bersemangat mengikuti jambore yang diawali dengan melakukan senam pagi bersama Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail,'' Ketua Jambore Lansia, Fakhrurrozi.

Usai senam, wajah para peserta tampak sumringah segar bugar dilanjutkan bazar, sedangkan peserta lainnya melakukan pengobatan gratis di antaranya periksa tekanan darah, asam urat, gigi, mata, daya ingat dan tinggi serta berat tubuh  dari sejumlah rumah sakit dan sponsor.

Fakhrurrozi mengatakan Jambore Lansia pertama kali digelar di Depok ini dinilai sukses dengan rangkaian kegiatan sebelumnya yaitu curhat lansia dan aneka lomba. '''Alhamdulillah Jambore Lansia pertama ini sukses, dan kita akan evaluasi agar lebih baik untuk pelaksanaan jambore yang akan datang,'' ujar Fakhrurrozi.

Kepala Pusat Kajian Kelanjutusiaan Universitas Indonesia (CAS UI) Prof. Tri Budi W. Rahardjo mengatakan  kegiatan ini sebagai bukti bahwa lanjut usia sehat dan aktif itu jika diupayakan secara konsisten bisa menjadi contoh yaitu contoh bagi generasi muda karena kegiatan ini esensinya secara spiritual dan institusional para lanjut usia menjadi lebih bergairah dan percaya diri. 

''Sehat dan aktif itu tidak hanya fisik tapi spiritual, intelektual, institusional, dan sosial sehingga para lanjut usia tetap bergairah dan berperan dalam pembangunan,'' kata Tri Budi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement