Kamis 22 May 2014 08:55 WIB

Menunggu Puluhan Tahun, Mushala Warga Dusun Ini Diperbaiki

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Erik Purnama Putra
 Sejumlah siswa melangsungkan kegiatan belajar di mushala Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kramatjati 27 Pagi, Jakarta Timur, Kamis (19/7).      (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Sejumlah siswa melangsungkan kegiatan belajar di mushala Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kramatjati 27 Pagi, Jakarta Timur, Kamis (19/7). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN — Setelah menunggu puluhan tahun, warga Dusun Kalipucung, Desa Genting, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang bakal memiliki tempat ibadah yang lebih nyaman.

 

Mushala Al Ikhlas --yang berada di lingkungan dusun ini—mulai diperbaiki melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I tahun 2014.

 

“Tempat ibadah ini menjadi salah satu sasaran peningkatan fisik, fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos),” Perwira Seksi Teritorial Kodim 0714 Salatiga, Kapten Chb Edi Susanto, Kamis (22/3).

 

Peningkatan kualitas fisik mushala ini, tambahnya, menggunakan anggaran APBD Provinsi Jawa Tengah senilai Rp 160 juta serta dana swadaya masyarakat setempat sebesar Rp 70 juta.

 

Proses pengerjaan pada program TMMD ini juga melibakan unsur Polri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang serta warga dusun Kalipucung. Sesuai rencana perbaikan akan rampung 10 Juni mendatang.

 

Insya Allah, pada Ramadhan tahun ini, kondisi mushala warga Dusun Kalipucung ini sudah jauh lebih bagus, guna  mendukung berbagai kegiatan ibadah di wilayah setempat,” tegas Edi Susanto.

 

Di luar perbaikan sarana ibadah ini, program TMMD Sengkuyung tahap I Tahun 2014, di Kabupaten Semarang ini juga dilakukan pekerjaan peningkatan mutu jalan penghubung antar desa.

 

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan roda perekonomian warga kedua desa. Sekaligus mempermudah akses transportasi keluar kecamatan Jambu.

 

Khususnya di jalan penghubung antara Dusun Gintungan Desa Genting dengan Dusun Wadas Desa Rejosari. “Secara umum, pengaspalan jalan ini akan dilakukan  sepanjang 1.450 meter dengan lebar tiga meter,” tambahnya.

 

TMMD ini juga mengagendakan kegiatan penyuluhan dan pelayanan kesehatan yang dipusatkan di Dusun Gintungan, penyuluhan bela negara dan kewaspadaan bangsa, kamtibmas, kewirausahaan dan UMKM.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement