Rabu 21 May 2014 14:46 WIB

Alhamdulillah, Produksi Mutiara Indonesia Kuasai Dunia

Red: M Akbar
Mutiara (Ilustrasi)
Mutiara (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemilau cahaya Mutiara Alam Laut Selatan dari Indonesia (Indonesian South Sea Pearl/ISSP) menyimpan potensi ekonomi yang sangat tinggi, di mana Indonesia telah menjadi produsen terbesarnya sejak 2005.

''Indonesia menguasai 50 persen dari total produksi mutiara dunia dan nilai ekspornya telah menyentuh angka 29 juta dolar AS,'' kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C. Sutardjo, di Jakarta, Rabu (21/5).

Sharif mengatakan nilai ekspor tersebut sebenarnya masih berpotensi untuk ditingkatkan. Ini mengingat Indonesia memiliki dan menguasai faktor-faktor pendukung seperti areal budidaya, tenaga kerja, peralatan pendukung dan teknologi.

Sharif menjelaskan, mutiara merupakan salah satu komoditas unggulan sektor kelautan dan perikanan yang memiliki prospek pengembangan usaha sangat baik. Hal ini dapat dilihat, kata dia, dari peningkatan permintaan perhiasan dari mutiara dan harganya yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Pada sisi perdagangan, Sharif mengungkapkan, Indonesia menempati urutan ke-9 dunia atau 2,07 persen dari total nilai ekspor mutiara di dunia yang mencapai 1,4 miliar dolar AS.

''Negara tujuan ekspor meliputi Jepang, Hongkong, Australia, Korea Selatan, Thailand, Swiss, India, Selandia Baru dan Perancis,'' katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement