Selasa 20 May 2014 20:27 WIB

Menteri PU Klaim Indonesia Bebas Kawasan Kumuh pada 2019

Kawasan kumuh (ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Kawasan kumuh (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, menyatakan pada 2019 Indonesia akan bebas dari kasawan kumuh karena layanan infrastruktur, baik akses rumah layak huni, ketersediaan air bersih maupun sanitasi terus ditingkatkan.

"Untuk mewujudkan Indonesia bebas dari kawasan kumuh itu memang dibutuhkan biaya yang sangat besar, bahkan mencapai triliunan rupiah," kata Djoko Kirmanto di sela-sela meresmikan pembangunan infrastruktur bidang cipta karya Provinsi Jatim di Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Selasa.

Pembangunan untuk peningkatan infrastruktur menuju Indonesia bebas kawasan kumuh pada tahun 2019 itu, katanya, mencapai ratusan triliun rupiah.

Untuk membangun akses ketersediaan air minum saja mencapai Rp 274 triliun dan sanitasi sebesar Rp 385 triliun selama kurun waktu 2015-2019.

Ia mengemukakan keberadaan kawasan kumuh di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Pada tahun 2013, angkanya turun sekitar 12 persen dan tahun 2019 ditargetkan tidak ada lagi kawasan kumuh di Tanah Air.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement