Selasa 20 May 2014 12:34 WIB

Peringati Harkitnas, Jokowi Tekankan Pentingnya Pendidikan

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Hazliansyah
Joko Widodo
Foto: ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/Spt/14.
Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjadi inspektur upacara dalam rangka memeringati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di lapangan IRTI Monas, Selasa (20/5). Menurut Jokowi, Harkitnas harus dijadikan momentum untuk bekerja keras membangun bangsa.

"Semua harus bangkit untuk masa depan kita, untuk masa depan kota, untuk masa depan Jakarta, masa depan Indonesia," ujar capres dari PDIP tersebut.

Jokowi menjelaskan, bangkit membangun bangsa bisa dilakukan melalui jalur pendidikan, yakni dengan mencerdaskan anak bangsa. Menurutnya, pendidikan adalah hal utama untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia. 

"Walaupun kita memiliki kekayaan alam yang besar, tapi kalau pembangunan manusia tidak ada, tidak akan bisa. Manusia adalah nomor satu," ucap Jokowi.

Melalui pembangunan manusia, ujar dia, akan terbentuk anak-anak bangsa dengan karakter dan mental yang kuat. Mereka yang nantinya akan menjadi generasi penerus yang produktif.

"Sehingga produktivitas meningkat. Larinya nanti ke ekonomi. Daya saing pasti akan baik. Jadi kalau saya ditanya apa yang paling penting, pasti pendidikan. Tidak ada yang lain," ucap Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement